HALAL LIFE STYLE; PENGARUH KESADARAN DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DI METRO DALAM PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK

Penulis

  • Rina El Maza, Kholifatul Nasikah, Nazeri

Kata Kunci:

Kesadaran, Label Halal, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik mahasiswa di Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa  Fakultas Ekonomi danang ada di Kota Lampung yang terdiri dari beberapa  Bisnis Islam IAIN Metro. Sampel penelitian ini berjumlah 80 Mahasiswa. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif. Teknis analisis data yang dipakai yaitu uji regresi linear berganda dan uji t Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen kuesioner atau angket. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis atau diolah menggunakan aplikasi SPSS.  Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kesadaran secara parsial memiliki hubungan koefisien regresi dengan nilai positif sebesar 0,230. Variabel kesadaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung (2,033) > t-tabel (1,991) dan nilai sig 0,045 < 0,05. Pengaruh variabel kesadaran terhadap keputusan pembelian sebesar 42,9%. variabel label halal secara parsial memiliki hubungan dengan koefisien regresi dengan nilai positif sebesar 0,720. Variabel label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung (10,282) > t-tabel (1,991) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Pengaruh variabel label halal terhadap keputusan pembelian sebesar 57%. Dan secara simultan dari kedua variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik sebesar 58,7%.

Referensi

Adam Wiryawan, Sukoso, and Joni Kusnadi Sucipto. Ekosistem Industri Halal. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2020.

Asep Danur Wenda Ismaya, Wati Susilawati, and Fitrin Rawati Suganda. “Kesadaran Halal Dan Sertifikat Halal Dalam Menentukan Minat Beli Produk Mie Instan Di Kalangan Konsumen Muslim Di Kabupaten Garut.” Journal of Enterprebeurship and Strategic Management 1, no. 1 (2022).

Badan POM. Frequently Asked Questions FAQ Sertifikasi Sarana Kosmetika. Jakarta: Direktorat Pengawasan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makanan, 2020.

Muhammad Sanjaya, Iis Ariska Nurhasanah, and Mega Putriyani. “Analisis Pengaruh Preferensi Dan Motivasi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Pada Santri Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung.” Journal Of Economic and Bussiness Retail 1, no. 1 (2021).

Nurlela, Muh. Arfah Pettenreng, and Abd Haris Hamid. Produk Halal Perspektif Hukum Pelindungan Konsumen. Gowa: Pusaka Almaida, 2021.

Rudi Irwansyah, Khanti Listya, Amanda Setiorini, Ita Musfirowati Hanika, Muhammad Hasan, Kurniawan Prambudi Utomo, Ahmad Bairizki, et al. Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2021.

Siti Khodijah Sara, Rabya Mulyawati Ahmad, and Fajeri Arkiang. “Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal.” Asy Syarikah 4, no. 1 (2022).

Tasya Hadi Syahputri, Muhammad Anwar Fatoni. “Potret Industri Halal Indonesia : Peluang Dan Tantangan.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 3 (2020).

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-04

Cara Mengutip

Rina El Maza, Kholifatul Nasikah, Nazeri. (2024). HALAL LIFE STYLE; PENGARUH KESADARAN DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DI METRO DALAM PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK. Jurnal Al-Fikri: Pendidikan, Ekonomi Syariah Dan Hukum Keluarga, 4(01). Diambil dari https://jurnal.iaitulangbawang.ac.id/index.php/al-fikri/article/view/57