PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU PADA MATA KULIAH PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Uswah Fadilah

Kata Kunci:

Manajemen Mutu Terpadu, pembelajaran, umpan balik, dan Gugus Kendali Mutu (GKM)

Abstrak

Paper ini dimulai dengan aplikasi Manajemen Mutu Terpadu di sekolah tinggi agama islam, terutama pada prodi manajemen pendidikan islam, dan terfokus pada aspek pembelajaran. Kualitas pendidikan tidak dapat ditunda sampai akhir semester. Upaya-upaya perbaikan mutu selayaknya dilakukan jauh  lebih  dini. Pola yan diterapkan adalah dengan membentuk kelompok Gugus Kendali Mutu yang diterapkan pada satu mata kuliah di pada prodi manejmen pendidikan islam. Hasil menunjukkan bahwa TQM sangat membantu dalam memperbaiki mutu pembelajaran pada tahun 2016. Dosen tahu bagian-bagian mana yang kurang jelas, dan segera dapat diperbaiki pada pertemuan berikutnya. Mahasiswa juga menjadi lebih siap dan lebih memberikan perhatian pada matakuliah. Mahasiswa menjadi lebih aktif dan berinisiatif dalam kegiatan kuliah, dan dalam bekerja berkelompok. TQM dapat memperbaiki kualitas kelas besar.  

Referensi

Cole, Bryan. TQM as a Tool to Enhance the Quality of Higher Education Management in the 21st Century. ACUCA International conference on TQM of Institutions for Higher Education in Asia, 1997.

Sytsma, S. Practicing Continuous Improve- ment in the Classroom. Ferris State Univer- sity,1996. http://sytsma.com/facirn/tqm.pap. html

Oblinger, D. TQM in Higher Education Series reports, IBM May 1995.

Wolverton, M. A New Alliance: Continuous Quality & Classroom Effectiveness. ERIC Digest, 1994.

Bass, K.E. Assessing the Use of TQM in Business School Classroom, Journal of Education for Business; volume 71 no. 6, p. 39-43 July-August 1996

Wolverton, M. TQM in higher Education: Latest Fad or Lasting Legacy. Policy Briefs of the Education Policy Studies Laboratory. No. 93-01. Arizona State University, College of education. ERIC Digest, ED355900 March 1993

ASCE Civil Engineering Database. http://www.pubs.asce.org/

Nugraha, P. TQM in Teaching & Learning Process, ACUCA seminar on TQM of Institutions for Higher Education in Asia, 1997

Paushke, J.M. Recent Innovations in Undergraduate Civil Engineering Curricu- lums. Journal of Professional Issues in Engineering Economics and Practice, Vol. 122 no. 3, July 1996, p.123-133

Lee, P. Some Parallels of TQM and Assess- ment, VVCA Journal, Vol 8 no 1, Summer 1993, pp 12-14

Chizmar, J. TQM of Teaching and Learn- ing, Journal of Economic Education, volume 5 no. 2 p.179-180, Spring 1994

Koehn, E.E. Interactive Communication in Civil Engineering Classroom, Journal of Professional Issues in Engineering Econo- mics and Practice, Vol. 121, No. 4 October 1995, pp 260-261

Cross, K.P. and Angelo, T.A. Classroom Assessment Techniques: A Handbook for Faculty. Ann Arbor: National Center for Research to Improve Postsecondary Teach- ing and Learning, University of Michigan

Universitas Kristen Petra. 1997. Kuri- kulum Jurusan Teknik Sipil Adat DesaBuyut Udik), Wawancara, 26 Mei 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-04

Cara Mengutip

Fadilah, U. (2024). PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU PADA MATA KULIAH PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Fikri: Pendidikan, Ekonomi Syariah Dan Hukum Keluarga, 4(01). Diambil dari https://jurnal.iaitulangbawang.ac.id/index.php/al-fikri/article/view/62